Selasa, 24 Oktober 2023

Hadits Arba'in An Nawawi 38/42



Terjemah Hadits:

Dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu berkata: RasuluLlah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya ALlah ta'ala berfirman: Siapa yang memusuhi wali-Ku maka telah Aku umumkan perang terhadapnya. Tidak ada taqarrubnya seorang hamba kepada-Ku yang lebih aku cintai kecuali beribadah dengan apa yang telah Aku wajibkan atasnya. Dan hamba-Ku yang selalu mendekatkan diri kepada-Ku dengan nawafil(perkara-perkara sunnah diluar yang fardhu) maka Aku akan mencintainya. Dan jika aku telah mencintaiNya, maka Aku adalah pendengarannya yang dia gunakan untuk mendengar; penglihatannya yang dia gunakan untuk melihat, tangannya yang dia gunakan untuk memukul; dan kakinya yang dia gunakan untuk berjalan. Jika dia meminta kepada-Ku, niscaya akan Aku berikan. Dan jika dia minta perlindungan dari-Ku, niscaya akan Aku lindungi.
(Riwayat Bukhari)


Kandungan Hadits:

  1. Besarnya kedudukan seorang wali, karena dirinya diarahkan dan dibela oleh ALlah ta'ala.
  2. Perbuatan-perbuatan fardhu merupakan perbuatan-perbuatan yang dicintai ALlah ta'ala.
  3. Siapa yang kontinu melaksanakan amalan-amalan sunnah dan menghindar dari perbuatan maksiat, maka dia akan meraih kecintaan ALlah ta'ala.
  4. Jika ALlah ta'ala telah mencintai seseorang, maka Dia akan mengabulkan doanya.

Tema-tema Hadits ini dalam Al-Qur'an:

  1. Pemahaman yang benar tentang wali: 10:62-64
  2. Keutamaan Ibadah nawafil(sunnah): 35:32
  3. Kekuatan dari ALlah: 22:40, 18:39

الأربعين النووية سعد الغامدي

Tidak ada komentar:

Posting Komentar