Kamis, 12 Oktober 2023

Hadits Arba'in An Nawawi 26/42


Terjemah Hadits:

Dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu dia berkata: RasuluLlah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:
"Setiap anggota tubuh manusia dapat melakukan sedekah. Setiap hari di mana matahari terbit lalu engkau berlaku adil terhadap dua orang (yang bertikai) adalah sedekah; Engkau menolong seseorang yang berkendaraan lalu engkau bantu dia untuk naik kendaraannya atau mengangkatkan barangnya adalah sedekah; Ucapan yang baik adalah sedekah; Setiap langkah ketika engkau berjalan menuju shalat adalah sedekah; Dan menghilangkan gangguan dari jalan adalah sedekah.
(Riwayat Bukhari dan Muslim)


Kandungan Hadits:

  1. Bersyukur kepada ALlah ta'ala setiap hari atas kesehatan anggota badan.
  2. ALlah telah menjadikan sebagai rasa syukur terhadap nikmat-Nya setiap anggota badan untuk menolong hamba-hamba ALlah ta'ala, bersedekah kepada mereka dengan menggunakannya sesuai kemaslahatannya.
  3. Termasuk sedekah adalah: Menahan tangan dan lisan untuk tidak menyakiti orang lain. Justru seharusnya digunakan untuk menunaikan hak-hak setiap muslim.
  4. Jasad harus dikeluarkan zakatnya sebagaimana harta ada zakatnya. Zakat badan adalah melakukan perbuatan baik, bersedekah dan pintu-pintunya banyak.
  5. Anjuran untuk mendamaikan kedua belah pihak, tolong-menolong, mengucapkan kalimat yang baik, berjalan menuju shalat dan menyingkirkan penghalang dari jalan.
  6. Anjuran untuk membersihkan sarana-sarana umum.
  7. Anjuran untuk melakukan keadilan, karena dengan keadilanlah ditegakkan langit dan bumi.

Tema-tema hadits ini dalam Al Qur'an:

  1. Menolong sesama manusia: 5:2, 107:1-7
  2. Menjaga kepentingan bersama: 7:56, 7:85
  3. Perkataan yang baik: 17:23, 33:32, 4:9

الأربعين النووية سعد الغامدي

Tidak ada komentar:

Posting Komentar