Kamis, 26 Mei 2016

Desain Permainan Edukatif di Media Sosial




KATA PENGANTAR

Ba'da Hamdalah
Ba'da Sholawat
Sebagaimana yang tercantum dalam hadits Arba'in bab pertama.
Mengenai niat, pentingnya niat, kedudukan niat;
Maka, e-makalah ini dibuat dengan maksud menyamakan persepsi, pandangan tujuan permainan ini dibuat maupun dimainkan.
Sebagaimana kandungan Hadits tersebut yang diungkapkan dalam Hadits Arba'in Nawawi oleh Muhyiddn Yahya bin Saraf Nawawi, dikatakan bahwa segala perbuatan yang bermanfaat dan mubah(boleh) jika diiringi dengan niat mengharapkan keridhaan dari Allah, maka hal tersebut bernilai ibadah.
Oleh karena itu, besar harapan permainan ini dapat menjadi salah satu perantara atau sarana dalam memperoleh ridho ALlah.

PENDAHULUAN

ü  Nama Permainan
TOS(The Other Side)

ü  Latar Belakang
Sebagaimana makhluk yang dalam fase hidupnya mengalami pertumbuhan dan perkembangan, begitu juga hasil pencarian makhluk itu sendiri.
Diantara hasil pencarian dari makhluk yang Allah sebut dalam Q.S Al Isra’:70 sebagai makhluk yang dilebihkan atas makhluk yang lain; salah satunya adalah yang ada dalam genggaman  kita. Ponsel Pintar, smart phone juga merupakan hasil pencarian manusia yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
Karenanya, perlu adanya perhatian khusus untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangannya tidak mengalami penyimpangan.
Sebagaimana yang diwaspadai dalam tumbuh kembang manusia yakni penyimpangan akibat kelebihan maupun kekurangan.

ü  Rumusan Masalah
Menjaga aset hasil temuan manusia yang menyandang predikat sebagai khalifah di bumi untuk dapat memaksimalkan penggunaannya, menjadi target utama.
Untuk itu perlu adanya kesadaran dari dalam diri untuk mengikhtiarkan segala aktivitas dengan segala prasarana yang ada untuk memperoleh ridho-Nya.
Mulai dari yang terdekat, sarana yang dapat kita gunakan adalah ruang bicara di dunia Maya.
Jka kita sudah terbiasa berbagi postingan atau status dalam rangka mengaplikasikan Q.S Al Asr, saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati dalam menetapi kesabaran; lalu, bagaimana dengan komentar?
Dapatkah kita memanfaatkan sarana tersebut dalam rangka mencari ridho-Nya?

ü  Batasan Masalah
Dalam permainan ini, pemain difasilitasi untuk memberikan komentar mengenai gambar, situasi atau kondisi yang disuguhkan dengan komentar terbaiknya dari sisi/sudut pandang yang belum diulas oleh pemain lain. Dengan syarat, komentar demi komentar yang dilontarkan memenuhi karakter fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan.

ü  Tujuan
Dengan adanya permainan ini, diharapkan selain sudah terbiasa berbagi post maupun status, pemain juga terbiasa berkomentar dalam rangka fastabiqul khairat.
Selain itu, permainan ini juga dapat digunakan sebagai sarana melatih diri untuk memandang permasalahan, situasi atau kondisi dari berbagai sudut pandang, tidak hanya terpaku pada satu sudut pandang saja.







1 komentar:

  1. Yang terbersit di benak saat lihat contoh gambar untuk games TOS, ingin titip pesan untuk diri sendiri,
    "Coba untuk terus mengerjakan apa yang harus dikerjakan dengan prinsip atau dengan semangat seolah ini kali pertama atau seolah untuk kali terakhir!"

    BalasHapus